Sunday, February 7, 2016

INSPIRASI☆

Bismillahirrahmanirrahim.

SEBAGAI seorang penulis, aku selalu mencari inspirasi. Aku tahu pasti Allah SWT selalu menganugerahkan ide-ide baru di waktu yang tak terduga. Dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun. Inspirasi selalu datang pada waktu yang tepat.

Aku ingat sekali di tahun lalu, ketika aku berjalan dengan anak-anakku di sekitar danau. Matahari menyilaukan cahayanya di gemericik air yang bening. Kupu-kupu yang menari di atas bunga-bunga liar. Pohon-pohon rindang di penuhi suara kicauan burung. Rasanya begitu damai di sana. Aku tersenyum menikmati suasana yang membuatku merasa nyaman. Di waktu itu, tiba-tiba muncul sebuah ide dan terbentuk dalam pikiranku.

Kami berada sangat jauh dari tempat parkir mobil. Dari situ aku mulai khawatir inspirasiku akan hilang begitu saja ketika sampai di mobil. Karena aku pelupa, akhirnya aku ambil pena dari saku kemudian aku tulis ideku di telapak tangan. Setelah aku tuangkan semua inspirasiku di atas kertas lalu aku hapus semua bekas tinta di tanganku. Dalam hati aku tersadar, tertawa dan bertanya kepada Tuhan. Mengapa Dia selalu nampak berbicara dengan hatiku. Ternyata Allah SWT telah memberikanku banyak nikmat dalam hidup ini. Begitu seperti yang aku katakan, aku bisa lebih merasakannya, dan pada saat itu hatiku bergumam, “Karena pada waktu itu, kita bisa mendengarkan apa yang akan Allah bicarakan.”

Melalui sebuah kalimat yang aku rangkai dan tuliskan, aku merasa seperti Allah SWT berada di dekatku. Allah SWT seolah-olah memberitahuku sebuah kebenaran melalui insipirasiku yang aku ukir di atas kertas. Mungkin jika kita semua ingin mendengar apa yang Allah SWT ingin katakan, kita bisa mencoba dengan merenung. Allah SWT berbicara kepada kita dalam keheningan jiwa. Allah SWT berbisik kepada kita dalam tenang. Bimbinglah hati dan pikiran kita dengan lebih merendahkan suara. Jika kita ingin merasakan kasih sayang Allah SWT yang berasal dari dalam diri kita, mungkin harus membungkam diri sejenak sambil terus mensyukuri nikmat yang telah diberikan olehNya kepada kita.

Allah SWT selalu menyayangi kita di setiap waktu. Dia selalu memberikan inspirasi, membimbing kita, mengingatkan kita dan membantu kita untuk tumbuh menjadi orang yang lebih baik dalam segala hal. Inspirasi itu datang kepada kita melalui pikiran kita, intuisi kita, pengalaman kita dalam hidup kita maupun orang lain. Kita hanya perlu membiarkannya lebih bermakna dan perlahan menuntun kita untuk membuka hati kita serta menutup mulut kita. Kita hanya perlu mendengarkan dalam diam.

source: islampos.com
___________

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu'alaykum.
Bagaimana kabar diri?
Sudahkah ia menjadi pribadi yang lebih baik hari ini?
Sudahlah perbuatan pada masa jahiliyah silam usai direparasi?
Sudahlah ia memperbaiki segala macam hal-hal salah yang telah terjadi?
*bertanya kepada hati*
*tarik nafas....*

INSPIRASI..

Ketika aku membaca atau mendengar kata itu untuk dua hari ini, maka satu hal yang pasti adalah rasa malu sama diri sendiri. Ahh, beberapa hari ini tuh rasanya kayak ada 'samting' (yang entah itu apa) dan secara ngga langsung menjadi penghalang untuk meluapkan segala macam emosi dan hal-hal 'ajaib' yang dipikirkan ke dalam bentuk tulisan. Baiklah, aku sempat menganggap itu sebagai rasa takut yang sekali lagi ngga diketahui juga karena apa. Terbukti, postingan terakhir itu isinya hanya sekedar kutipan dengan sedikit re-view yang bahkan aku malah agak bingung ketika merangkai kata dan kalimat penutup pada postingan kali itu. Maapin yaaa, maapin :"

Setelah itu, aktivitas dan hobi jaman SD - SMP dulu malah jadi 'kumat' lagi. Tetapi hal itu juga sebagai pengalih sekaligus pengingat bahwa aku tuh kayaknya ngga lagi dalam kondisi baik X'D Di samping itu, ada hal yang memang patut aku syukuri karena bagaimanapun aku begitu menikmati diriku yang seperti ini *siulsiul sambil inget postingan di akun sosmed aku kemarin (?)

Lanjut saja.. itu tadi sekilas tentang sesuatu yang rasanya agak mengganjal dihati. Wajar aja jika rada syulit dipahami karena aku sendiri juga ngga gitu mengerti tentang apa yang terjadi (?)
Agak ngaco tapi aku puas, MasyaaAllah.. maafkan diri ini yang lagi random banget (/ω\*)

Kembali kepada INSPIRASI...

Tepat dua setengah hari yang lalu tuh aku menemukan sesuatu.
Adalah catatan lama kepunyaan kaka kakaku.
Terlihat bahwa itu ditulis sebelum tahun 2001.
Ketika aku baca tuh justru membuat aku diam membisu.
Tetapi alhamdulillah tidak sampai terbujur kaku (?)

Inspirasi tuh memang bisa didapat dari mana saja. Sebagai contoh sederhana yaaa dari buku misalnya, termasuk beberapa buku catatan yang aku temukan itu. Untuk lainnya, inspirasi bisa saja didapat melalui orang lain; hewan; tumbuhan; alam; dan segala macam hal sekecil apapun yang memang atas Kuasa dan Kebesaran-Nya tuh bisa sampai kepada kita sebagai 'penikmat' dari inspirasi tersebut. Alhamdulillah, Yaa Rabb *o*/

Selanjutnya aku ingin sedikit bercerita
Kali ini tentang dua orang kakak yang luar biasa
Tanpa bisa secara tuntas aku sampaikan melalui kata
Tapi satu hal yang pasti bahwa aku bangga mempunyai mereka

Kedua kakak-ku itu
Adalah saudara sekaligus guru
Meski belakangan ini jarang bertemu
Tetapi dari dan karena mereka-lah aku mendapat banyak hal baru

Ya, mereka kakak di dunia
Yang telah hadir atas Kuasa-Nya
Sebagai 'saksi' ketika suka dan duka
Semoga kita kembali disatukan di Jannah-Nya
*aamiin*

Kakak pertama dan kakak kedua
Terlahir dengan ciri dan karakter berbeda
Tetapi hal seperti itu bukanlah suatu kendala
Karena dengan 'beda' itulah kita saling melengkapi dalam keluarga

Bagaimanapun aku menyayangi mereka
Kakak kakak-ku dengan potensi yang luar biasa
Semoga diri ini dapat mengambil hal hal baik dari mereka
Untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan nyata

Duhai kakak kakak-ku
Semoga DIA senantiasa menyayangimu
Semoga kita tetap diijinkan-Nya untuk tetap satu
Sampai saat dimana kita dapat kembali bertemu

Alhamdulillah, dari catatan yang aku dapat itu... meskipun baru dibaca beberapa halaman, tetapi sudah begitu menggugah. Dalam hal ini, aku ngga akan menjelaskan lebih rinci mengenai tulisan yang termuat dan tertulis di dalamnya. Tetapi satu hal yang pasti bahwa itu hal hal baik, luar biasa dan masyaaAllah pokoknya :')

Terimakasih aku ucapkan
Atas begitu banyaknya ilmu dan pelajaran
Yang secara langsung dan tidak telah kalian sampaikan
Pokoknya salam sayang deh yaaa untuk kalian

Ahh, kakak kakak-ku tolong maafkan
Atas segala macam kurangajar, salah dan juga kekhilafan
Semoga diri ini dapat menjadi pribadi yang lebih baik di hari kemudian
Sampai tiba saat dimana kalian dengan serempak mengatakan
Bahwa kalian bangga menjadi kakak dari diri ini yang nantinya bisa diharapkan

Masih berkaitan dengan inspirasi...
Alhamdulillah, rasanya ada senyum terkembang ketika menulis kalimat di atas tadi. Disertai dengan latar belakang haru dan juga ahh.... pokoknya alhamdulillah (/ω\*)

Btw, kesepakatan masih terus berlanjut nih. InsyaaAllah tulisan yang sempat 'nyangkut' (read: belum / gagal diposting) akan tetap diarsipkan untuk pribadi, kecuali beberapa tulisan yang akan dipublish sesuai dengan "momen". Hihihi, akulah yang mengerti ;)

Hey, duhai diri...
Naikkan lagi derajat SEMANGATmu untuk esok hari!
Hayooo, pokoknya ngga boleh sampai futur apalagi jika harus ditambah dengan kehilangan gairah dan semangat diri *menatap sinis ke depan kaca*

Ahh, terimakasih buat semuanyaaaaa!
Termasuk orang dan 'orang' yang kemarin aku temui hihihi seketika jadi tersenyum saat mengetik bagian ini ya ampuuuunn ^^'a
Hap.. hap.. hap..
Alhamdulillah, ada hal baik dan hal baru juga yang hadir di wasap malam ini. InsyaaAllah itu juga akan menjadi satu dari beribu-ribu inspirasi yang DIA hadirkan dalam kehidupanku, alhamdulillah♡

Terakhir...
Pokoknya tetap SEMANGAT dalam hal-hal yang konteksnya tuh mengarah kepada kebaikan. Ingatlah bahwa Allah itu Adil banget! Dan janji-Nya tuh pasti! ehh... PASTI!
Salam sehat dan SEMANGAT (ง ˙o˙)ว

Rawakalong, 2016年02月07日 01時45分
Ditulis dengan keadaan diri dalam kondisi baik,
alhamdulillah

Wassalamu'alaykum *o*/

No comments:

Post a Comment